16
Sat, Oct

Kali Simo Jadi Terminal Sampah

Foto: Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Kali Simo di Kabupaten Pati yang jika musim hujan sering meluap dan menggenangi jalan Pantura terlihat penuh sampah pada Selasa (21/9/2021).

Baca juga: https://www.clakclik.com/72-peristiwa/1823-sampah-dan-bangkai-perahu-hiasi-hulu-sungai-alasdowo

Baca juga: https://www.clakclik.com/73-cerita/1797-jembatan-sampang-jadi-jembatan-sampah

Penampakan kondisi Kali Simo yang dipenuhi sampah di sekitar Desa Widorokandang, Kec. Pati Kota, Kab. Pati, Jateng, Selasa (21/9/2021) / Clakclik.com

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/35-komunitas/1790-jembatan-ngantru-sorga-pembuang-sampah-sembarangan

Lokasi tumpukan sampah yang menutup separo badan sungai itu berada di sebelah timur traffic light jalan lingkar dari arah timur (Juwana) secara administratif masuk Desa Widorokandang, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jateng.

Penampakan kondisi Kali Simo yang dipenuhi sampah di sekitar Desa Widorokandang, Kec. Pati Kota, Kab. Pati, Jateng, Selasa (21/9/2021) / Clakclik.com

Persoalan sampah menjadi masalah dominan pada sungai-sungai yang ada di Kabupaten Pati. Namun selama ini pemerintah hanya merespon penyempitan dan pendangkalan sungai akibat penumpukan sampah dengan cara pengerukan. Padahal sejak 2010, Pemerintah Kabupaten Pati telah memiliki peraturan daerah (Perda) tentang penanganan sampah. Hingga saat ini Perda itu hanya menjadi dokumen mati. (c-hu)