16
Sat, Oct

12 Orang Hasil Rapid Test di 2 Pasar Diisolasi di Hotel Safin

foto: @prokompimpati

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pati saat ini sedang aktif melakukan rapid test di sejumlah pasar. Hingga Rabu (3/6/2020) dua pasar besar di Pati yakni Pasar Puri dan Pasar Juwana sudah menjadi sasaran rapid test. Dari kedua pasar itu, 12 orang saat ini diisolasi di Hotel Safin lantaran reaktif Covid-19 saat di rapid test. Ke-12 orang itu, 2 orang dari Pasar Puri dan 10 orang dari Pasar Juwana.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rapat dengar pendapat dengan eksekutif awal bulan Mei lalu, pihak DPRD Kabupaten Pati meminta agar Gugus Tugas memperhatikan kondisi pasar-pasar tradisional yang selama ini masih longgar dalam hal merespon protocol Covid-19.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pati juga membuat terobosan dengan menerapkan model physical distancing di Pasar Juwana. Namun sayangnya terobosan itu hanya dilakukan di Pasar Juwana dan Pasar Puri saja. Pasar tradisional lainnya yang menyebar di sejumlah kecamatan dan desa di Kabupaten Pati tidak terjangkau program itu.

Terkait dengan rapid test yang menyasar pedagang dan pengunjung pasar, banyak pihak berharap bisa dilakukan secara menyeluruh di semua pasar yang saat ini masih aktif. Apalagi di daerah-daerah pinggiran seperti di Kecamatan Pucakwangi, Sukolilo, Tambakromo, Cluwak dan lain-lain merupakan wilayah pedesaan dengan basis perantau yang banyak. (c-hu)