16
Sat, Oct

11 Oktober; Hari Anak Perempuan Internasional

Ilustrasi / Clakclik.com

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 11 Oktober 2020—Sejak 1995, setiap 11 Oktober diperingati sebagai Hari Anak Perempuan Internasional. Peringatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap hak-hak anak perempuan di seluruh dunia.

Tahun ini, tema yang diangkat pada Hari Anak Perempuan Internasional adalah "My voice, our equal future". Tema ini mengandung semangat untuk membangun dunia yang lebih baik, dengan melibatkan kontribusi dari setiap anak perempuan.

Dilansir dari laman resmi UNICEF, ada tiga tuntutan yang disuarakan dalam Peringatan Hari Anak Perempuan Internasional 2020, yaitu: hidup tanpa ancaman kekerasan gender, tindak kejahatan, serta HIV dan AIDS, hak untuk memperoleh pendidikan dan menentukan masa depan serta kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam perubahan sosial masyarakat.

Diberitakan Kompas.com, 11 Oktober 2019, melansir laman resmi PBB, peringatan Hari Anak Perempuan Internasional berawal dari Konferensi Dunia tentang Perempuan pada 1995 di Beijing. Konferensi tersebut secara resmi mengakui Beijing Declaration and Platform for Action. Deklarasi tersebut adalah deklarasi pertama yang secara spesifik mengangkat hak-hak anak perempuan.

Kemudian, pada 19 Desember 2011, United Nations General Assembly mengadopsi Resolusi 66/170 dan menetapkan 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Internasional.

Peringatan ini dicetuskan untuk memperkenalkan hak-hak anak perempuan di seluruh dunia dan tantangan-tantangan mereka hadapi. Anak perempuan memiliki hak untuk hidup aman, memperoleh pendidikan, dan hidup sehat. (c-hu)

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.