21
Wed, Feb

5 Hari Operasikan Dapur Umum, LAZISNU Pucakwangi Salurkan 5.215 Nasi Bungkus

Dok. Lazisnu Pucakwangi

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakenan, Clakclik.com—Merespon bencana banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Jakenan, LAZISNU Pucakwangi sejak Rabu (4/1/2023). Dapur umum bertempat di Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan.

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/35-komunitas/2099-lazisnu-pucakwangi-buka-dapur-umum-di-tondomulyo

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/35-komunitas/2103-banjir-sungai-juwana-warga-bertanya-bagaimana-jika-nanti-ada-bendung-karet

Operasional dapur umum dijalankan bersama dengan sejumlah perempuan warga desa setempat yang juga merupakan warga terdampak banjir.

Sejumlah perempuan Desa Tondomulyo yang terdampak banjir sedang beraktivitas di dapur umum LAZISNU Pucakwangi beberapa waktu lalu / Clakclik.com

Ketua LAZISNU Pucakwangi Husaini menjelaskan bahwa tujuan mendirikan dapur umum di Desa Tondomulyo adalah sebagai pelengkap posko-posko banjir yang telah di buka oleh pemerintah desa maupun pihak lain yang ada di Desa Tondomulyo dan sekitarnya.

“Biasanya dalam respon tanggap darurat bencana, ada warga yang tidak terjangkau dan terlewatkan. Nah posisi dapur umum kami bertujuan menjangkau pihak-pihak seperti itu,” kata Husaini.

Sejumlah anggota TNI, anggota Banser dan sejumlah perempuan Desa Tondomulyo, bersama-sama membungkus nasi untuk dibagikan kepada warga yang terdampak banjir di Desa Tondomulyo beberapa waktu lalu / Clakclik.com

Oleh karena itu, saat dirasa sudah cukup, maka pihaknya memutuskan untuk menghentikan dapur umum.

“Disamping karena stok logistik kami terbatas, kami merasa perlu menggeser dapur umum ke lokasi lain yang lebih membutuhkan. Hingga hari ke-5, kami telah memproduksi dan membagikan sebanyak 5.215 nasi bungkus kepada warga terdampak banjir di Desa Tondomulyo, Sebagian Bungasrejo dan Karangrowo,” tambah Husaini. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.