28
Sun, Nov

Foto: Clakclik.com

Oleh Husaini; Praktisi Manajemen Pengurangan Risiko Bencana. Tinggal di Pati, Jawa Tengah.

Hingga akhir 2010, jika orang membicarakan banjir di wilayah Kabupaten Pati, orang akan langsung dengan reflek menyebut Sungai Juwana. Pemukiman, lahan pertanian, dan tambak di desa-desa kanan-kiri Sungai Juwana merupakan wilayah langganan banjir. Puluhan tahun terjadi. Masyarakat kemudian menyebutnya sebagai langganan.

Ilustrasi / Clakclik.com

Tempe, makanan asli Indonesia, telah mendunia, dan pemerintah akan mendaftarkan tempe sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Namun, di tengah upaya tersebut, tempe di Indonesia justru dihasilkan dari kedelai impor.

Oleh: Fadly Rahman | Dosen Departemen Sejarah dan Filologi Universitas Padjadjaran

Ilustrasi/Istimewa

Setelah 76 tahun terbebas dari penjajahan, kita justru menyaksikan pemimpin dengan mental penjajah. Seperti penjajah, banyak pemimpin mengeksploitasi kekayaan negara demi keserakahan pribadi. Kemewahan pun menjadi gaya hidup pemimpin. Ironisnya, pemimpin berbangga diri dengan pameran kemewahan di tengah penderitaan rakyat miskin. Apa yang salah kaprah dengan pemimpin kita sekarang ini?

Ilustrasi/Istimewa

Oleh: Hariadi Kartodihardjo; Guru Besar Kebijakan Kehutanan Fakultas Kehutanan IPB.

Pelbagai ilmu pengetahuan belum terintegrasi dengan ilmu mencegah korupsi. Padahal ia biang segala masalah.

Cegukan merupakan kontraksi tak disengaja dari diafragma, otot yang membantu pernapasan, yang terletak di antara dada dan perut. Bila cegukan terjadi kronis, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Foto: Clakclik.com

Oleh: Husaini; Pengelola Omah Buku Uplik Cilik, Tinggal di Desa Pelemgede, Kecamatan Pucakwangi, Pati, Jateng

Secara sederhana, perubahan iklim adalah naiknya temperatur atau suhu rata-rata bumi yang bertambah lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi karena panas matahari yang diserap bumi tidak bisa dikembalikan karena terhalang oleh gas-gas yang terperangkap di atmosfer.

Foto: Clakclik.com

Oleh: Husaini, Pemerhati Lingkungan dan Kebijakan Publik, Tinggal di Desa Pelemgede, Pucakwangi, Pati, Jateng

Selama lebih dari 50 tahun, aktivitas manusia, terutama akibat penggunaan bahan bakar fosil, telah melepaskan sejumlah besar karbon dioksida dan gas rumah kaca lain ke atmosfer. Ini membuat panas terperangkap pada atmosfer yang lebih rendah dan memicu perubahan iklim.

Ilustrasi / Clakclik.com

Oleh: Husaini, pengelola Omah Buku Uplik Cilik, tinggal di Desa Pelemgede, Pucakwangi, Pati, Jawa Tengah

Ilustrasi / Clakclik.com

Kalangan ekonom sepakat, salah satu sebab kemiskinan adalah karena kurangnya akses kredit bagi kelompok miskin. Untuk itu, pemerintah selalu berusaha meningkatkan akses kredit bagi orang kecil. Namun, dalam praktiknya, sering kali kredit program yang dijalankan tak sampai ke kelompok miskin, dan lebih banyak menguntungkan bankir dan makelar program. Yang miskin dan rentan miskin, tak berubah nasibnya.

Ilustrasi / Istimewa

METANA atau CH4 menjadi salah satu gas yang memicu pemanasan global dan krisis iklim. Ia salah satu gas rumah kaca yang mengotori atmosfer dengan kekuatan 23 kali lipat dibanding karbon dioksida (CO2). Metana diproduksi oleh sampah, termasuk sampah yang diserap oleh tanaman di dasar danau.

More Articles ...

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.