28
Sun, Nov

6 Permainan (yang) Dapat Menghemat Energi Orang Tua

Ilustrasi / Clakclik.com

Opini
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Oleh : Sutimah, Mahasiswa IPMAFA Pati, Peserta KKN-MDR 2020

Banyak pilihan permainan anak usia dini yang bisa dilakukan  bersama keluarga, beberapa membutuhkan media yang bisa didapat dari lingkungan rumah. Di pasaran banyak dijual jenis alat bermain bagi anak-anak, namun tentunya mainan yang kita beli dipasaran membutuhkan biaya tersendiri dan belum tentu sesuai dengan tahapan perkembangan anak kita. Tahukah ayah bunda ternyata kita dapat membuat permainan sendiri bersama anak-anak  yang tentunya dapat menghemat biaya dan tenaga .

Dilansir dari chai’s  Play ada 6 permainan yang dapat menghemat tenaga dan medianya dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar,apa saja itu:

  1. Permainan pura-pura dengan menjadikan anak sebagai pemeran utama

Ayah dan ibu bisa bermain peran dengan menjadi tamu yang mengunjungi rumah, berperan sebagai pegawai salon atau sebagai dokter-dokteran. Berpura-pura sebagai pegawai salon atau dokter yang memeriksa pasien yang sakit,aktivitas ini dapat menghemat energi orang tua dan memberikan pengalaman seru bagi anak. Pengalaman seperti ini sangat bermanfaat bagi perkembangan sosial anak yaitu meningkatkan kemampuan menganalisa kondisi orang lain,kemampuan perspektif dan melatih empati.

  1. Bermain masak-masakan

Cobalah mengajak anak untuk beraktifitas di dapur seperti mengenali berbagai jenis sayur dan bumbu, memilah dan mengelompokkannya, mengupas sayuran dan memotongnya dengan pengawasan dari orang tua atau mengajak anak untuk mencuci peralatan dapur. Permainan masak-masakan ini juga dapat membantu anak-anak untuk mengenali jenis-jenis masakan yang dibuat bersama. Anak-anak juga dapat diajak untuk membantu mempersiapkan makanan di meja. Anak dapat merasakan pemenuhan diri jika ini dilakukan secara rutin dan membentuk ego yang positif dalam diri anak,selain itu permainan ini membangun perkembangan kognitif dan motorik halus anak.

  1. Permaianan kelekatan dengan cara tengkurap sambil menjadi jalan mobil-mobilan

Gambarlah peta jalanan mobil dan rumah pada kaos polos yang sudah tidak dipakai lagi dengan menggunakan spidol. Ayah atau ibu dapat memakai kaos tersebut sambil tengkurap dilantai,lalu biarkan anak-anak bermain mobil-mobilan diatas punggung ayah bunda. Permainan ini dapat menghemat energi dan membentuk kelekatan dengan ayah bunda.

  1. Bermain mencari barang yang tersembunyi

Tunjukkan beberapa barang kepada anak lalu sembunyikanlah dan ajak anak untuk mencari barang yang tersembunyi. Ayah dan ibu dapat memberikan semangat kepada anak untuk mrncari barang tersebut. Aktivitas ini dapat mengembangkan daya ingat jangka pendek ,kemampuan berhipotesis dan berpikir anak.

  1. Permainan kesenian

Ada beberapa permainan kesenian yang dapat dilakukan dengan berbagai media gambar, seperti cat air, crayon ataupun membuat cat dari tepung dan pewarna makanan yang dicampur dengan air (ubleg) kita dapat mengeksplorasi  dengan membuat berbagai karya seni seperti melukis diatas kanvas, menggambar dengan crayon ataupun membuat finger painting dengan ubleg. Permainan ini dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam bidang seni dan membantu anak dalam mengeksplorasi berbagai tema menggambar yang disepakati bersama ataupun menggambar bebas. Gambar ini pada nantinya dapat menjadi pajangan rumah dan anak merasa bahwa karya nya mendapat apresiasi.

  1. Permainan bayangan sambil berbaring

Sebelum waktunya anak tidur , matikan lampu kamar dan berbaringlah bersama-sama diatas kasur, lalu nyalakan senter atau flash pada hape anda. Biarkan anak memegang lampu senter lalu tampilkan beberapa benda sambil bercerita. mulailah dari benda-benda yang sering dimainkan oleh anak-anak dan juga benda-benda yang digunakan oleh anda.sehingga anak dapat mengerti kegunaan semua benda dan dapat mengingat letak semua benda dengan baik.

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.