06
Wed, Jul

Top Stories

Dok. Clakclik.com

Opini

Seorang anak yang duduk di bangku kelas V sekolah dasar menangis, menjerit dan memberontak sebagai bentuk protes karena peringkatnya turun. Padahal sejak kelas satu hingga kelas IV dia selalu juara kelas. Namun pembalajaran daring akibat Covid-19 membuat anak yang peringkatnya jauh di bawahnya menjadi juara kelas. Selidik punya selidik ternyata si anak yang dinobatkan juara kelas V saat ujian, bapaknya yang mengerjakan semua soal dan juga tugas-tugas dari sekolah.

Dok. Clakclik.com

Opini

Oleh: Husaini; Pemerhati Masalah Sosial dan Kebencanaan. Tinggal di Pati, Jawa Tengah

Laporan hasil pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga awal April 2022 menunjukkan dari 1.184 bencana alam, sekitar 90 persen adalah bencana hidrometeorologi.

Dok. Clakclik.com

Opini

Oleh: Husaini; Sekretaris Gerbang Tani Pati, Jawa Tengah

Praktik pertanian saat ini menjadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar. Selanjutnya, para petani bisa disebut sebagai kontributor kerusakan lingkungan.

Dok. Clakclik.com

Opini

Oleh: Hariadi Kartodihardjo, Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University

Foto: Clakclik.com

Opini

Ditulis oleh: Tim Yayasan YAPHI Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) merupakan sebuah piranti untuk mendistribusikan aliran listrik dari pembangkit listrik menuju kerumah-rumah warga. Untuk pembangunan dan pengelolaan SUTET saat ini dilakukan oleh PT. Perusahaan Listrik Negara Persero (PT.PLN Persero).

Ilustrasi / Clakclik.com

Opini

Today, on World Environment Day—and in the days to come—it is important to understand the ways in which corruption is entangled with environmental devastation, and so work to mitigate their impact.---Landau dan Glandorf, 2020

Oleh: Hariadi Kartodihardjo, Guru Besar Kebijakan Kehutanan, IPB University

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.