16
Sat, Oct

Aman Pergi Ke Bank dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Ilustrasi / Clakclik.com

Opini
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Oleh: Erlina Dwi Lestari; Mahasiswa KKN-MDR Kelompok Deaguna IPMAFA Pati

New Normal artinya kita hidup berdampingan dengan pandemi, perubahan perilaku untuk hidup normal tapi ditambah perilaku menerapkan protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah.

Saat memasuki era New Normal bukan berarti semua keadaan sudah aman kembali, akan tetapi kita tetap waspada dan rajin jaga kesehatan diri dan juga lingkungan agar penyakit atau virus menjauh. Meskipun kita secara bertahap mulai di perbolehkan beraktivitas di luar rumah, salah satu kegiatan yang mengharuskan kita keluar rumah ialah urusan perbankan.

Sejak pertama kasus pandemi Covid-19 masuk di Indonesia pada bulan maret, hampir seluruh orang mangalami kendala untuk menjalani hidup normal karena terdapat pembatasan keluar rumah sebagai pencegahan penularan virus corona. Namun, dengan selesainya pembatasan yang di berlakukan oleh pemerintah tersebut kita mulai bisa melakukan kegiatan seperti biasa tetapi tentunya harus mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

Berikut adalah hal - hal penting yang perlu kita perhatikan ketika pergi ke Bank, sebagai berikut :

1. Memakai Masker

Memakai masker menjadi salah satu cara terbaik mencegah agar kita tidak mudah tertular ataupun menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa mencegah virus ataupun bakteri menyebar melalui atau cairan yang keluar saat kita bersin.

2. Membawa Hand Sanitizer

Bawalah hand sanitizer ketika sedang berpergian keluar rumah, untuk persiapan jika mungkin saja tempat yang kita kunjungi kehabisan air sehingga tidak bisa mencuci tangan dengan sabun. Hand sanitizer ini bisa membantu menjadi pengganti untuk memastikan tangan kita selalu bersih. Pastikan selama perjalanan menuju Bank usahakan tidak sembarangan menyentuh benda apapun.

3. Jaga jarak ketika sedang antri di ATM

Saat antri harus jaga jarak, pastikan saat masuk tidak memegang gagang pintu. Pastikan di dalam bilik ATM tidak ada kerumunan orang, atau kalupun ada harus jaga jarak 1 meter dengan orang tersebut.

4. Cuci tangan setelah keluar dari ATM

Setelah urusan perbankan selesai pastikan langsung cuci tangan bersih dengan menggunakan step – step yang di anjurkan oleh WHO.
Sebelum yakin tangan kita bersih hindari kebiasaan menyentuh wajah.

5. Hindari Bersalaman

Kalau kita tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang kita kenal di perjalanan, sebaiknya cukup ekspresikan wajah dengan rasa senang dengan pose namaste. Hindari dulu kontak fisik baik itu salaman ataupun cipika cipiki karena kita tidak tahu orang tersebut dari mana dan bertemu siapa saja sebelum bertemu kita.

Upaya pencegahan penyebaran virus dan penanggulangan pandemi bukan hanya semata menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi masyarakat juga ikut serta berperan.

Masyarakat mempunyai peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru pada tempat-tempat terjadinya pergerakan orang, interaksi antar manusia dan berkumpulnya banyak orang, salah satunya Bank.

Semoga bermanfaat bagi pembacanya.