01
Thu, Dec

Hingga September 2022 Pemerintah Hanya Terbitkan Satu IUP OP di Sepanjang Jalur Sukolilo-Prawoto

Ilustrasi/Istimewa

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com--Meskipun saat ini terdapat sejumlah praktik pertambangan di sepanjang jalur Sukolilo-Prawoto, namun ternyata hanya ada satu lokasi pertambangan yang secara resmi mengantongi Ijin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP).

informasi ini terungkap saat Perkumpulan Warga Peduli Sosial, Hukum, dan Lingkungan Hidup (Wali-SHL) Pati beraudiensi di Kantor Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Kendeng Muria, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/35-komunitas/2041-warga-pertanyakan-ijin-tambang-milik-almarhun-sudir-santoso

Baca juga: https://www.clakclik.com/foto/662-karst-sukolilo-lolos-ditambang-pabrik-semen-kini-ditambang-siapa

Ketua Wali-SHL Sutrisno selepas beraudiensi menjelaskan kepada wartawan bahwa hanya pertambangan milik PT. Tri Lestari yang berada di Desa Wegil yang mengantongi IUP OP. "Sementara CV. Bukit Batu Nusantara yang akan mengelola lokasi pertambangan almarhum Sudir Santoso baru mengantongi ijin eksplorasi atau penelitian. Dan seharusnya tidak boleh menambang," kata Sutrisno.

Dalam audiensi itu, Wali-SHL ditemui langsung oleh Kepala ESDM Kendeng Muria Irwan Edhie Kuncoro dan sejumlah staf Kantor ESDM Kendeng Muria di Pati. (c-hu)