20
Mon, May

Apkasi Minta Pemda Serius Tangani Sampah

Ilustrasi / Clakclik.com

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 20 Nopember 2020—Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mendorong daerah untuk lebih menaruh perhatian pada penanganan sampah.

“Kalau masalah sampah ditangani secara sistemik, kedepan akan banyak hal yang bisa dikerjakan, tidak hanya dalam upaya menyelamatkan lingkungan, tetapi juga membuat tempat kita beraktivitas menjadi lebih menarik,” kata Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas, dalam acara Sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Pengelolaan Sampah, Kamis (19/11/2020).

Abdullah Azwar Anas yang juga Bupati Banyuwangi itu mengatakan bahwa komitmen pemrintah daerah dalam pengelolaan sampah bisa dilihat dari porsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dialokasikan untuk program penanganan sampah.

Saat ini, salah satu ancaman yang dihadapi masyarakat baik di perkotaan maupun di perdesaan adalah soal penanganan sampah. Jika pemerintah daerah tidak jeli, persoalan sampah akan menjadi ancaman bagi stabilitas kehidupan masyarakat; terutama terkait dengan kesehatan dan bencana.(c-hu)