18
Sat, May

Indonesia (Kembali) Akan Impor Garam Industri

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 11 Maret 2021—Impor garam industri tahun 2021 tidak bisa dihindari. Swasembada garam industri sulit dicapai karena kebutuhan garam industri terus meningkat.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyebutkan, produksi garam nasional tahun 2021 ditaksir 2,1 juta ton. Sedangkan kebutuhan garam nasional berkisar 4,67 juta ton dan impor garam tahun ini diperkirakan 3,07 juta ton.

Pada tahun 2020, produksi garam tercatat 1,36 juta ton, sementara kebutuhan garam 4,46 juta ton. Impor garam tahun lalu tercatat 2,7 juta ton.

Deputi bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Safri Burhanuddin mengemukakan, impor garam tahun ini lebih banyak karena kebutuhan tahun berjalan dan kebutuhan stok tahun depan guna menjaga kestabilan stok garam industri.

Hingga saat ini, lahan produksi garam masih terbatas, yakni sekitar 21.000-22.000 hektar. Sementara itu, produksi garam nasional cenderung fluktuatif karena bergantung faktor iklim. Di sisi lain, investasi industri yang membutuhkan bahan baku garam cenderung meningkat setiap tahun. Keterbatasan produksi dan kapasitas lahan garam nasional mendorong perlunya impor garam sebagai penyangga.

“Kalau bicara garam industri, kita tidak bisa katakan swasembada. Begitu kebutuhan raw material garam industri meningkat, otomatis kita tidak bisa penuhi karena keterbatasan. Tidak mungkin kita mengubah seluruh lahan menjadi lahan garam,” kata Safri, dalam konferensi pers virtual "Major Project 2021," Rabu (10/3/2021).

Garam industri mensyaratkan antara lain kadar NaCl berkisar 97-98 persen, sedangkan garam rakyat memiliki kadar NaCl dibawah 97 persen. Dengan proses pemurnian garam, kadar NaCl diakui bisa meningkat menjadi 97 persen dengan struktur biaya yang masih kompetitif.

Meski demikian, sejak tahun 2012, Indonesia sudah mencapai swasembada garam konsumsi. Kebutuhan garam konsumsi dapat dipenuhi dari garam rakyat. (c-hu)