18
Sat, May

Normalisasi Sungai Juwana: Dianggarkan Rp.96 Miliar, Bulan Juli Akan Dimulai

Sungai Juwana / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Juwana, Clakclik.com—Proyek Normlaisasi Sungai Juwana pada tahun 2020 ini akan segera berlanjut. Awalnya, proyek dengan anggaran sekitar Rp 96 miliar dimulai bulan Maret. Namun karena kendala bencana Covid-19, proyek terpaksa mundur.

Koordinator Normalisasi Sungai Juwana dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana Amir Hadziq Fahmi saat dikonfirmasi wartawan (Selasa, 9/6/2020) mengatakan, sampai saat ini prosesnya masih tahap lelang.

“Ada beberapa perubahan, termasuk waktu pelaksanannya. Mungkin Juli sudah dimulai. Tapi kalau kondisi seperti ini (bencana Covid-19-red), belum tahu juga apakah akan berubah lagi atau tetap,” kata Fahmi.

Menurut Fahmi, karena bencana Covid-19 ini selain terjadi perubahan jadwal juga terjadi perubahan tahun anggaran. “Anggarannya menjadi multiyears. Jadi anggaran itu (Rp.96 miliar-red) dibebankan pada APBN 2020 dan 2021. Kebijakan ini keluar setelah adanya Covid-19,” terangnya.

Fahmi juga menyampaikan bahwa, panjang sungai yang akan dinormalisasi adalah 5,5 kilometer. Pengerjakan akan dimulai dari hulu ke hilir. “Ini berbeda dengan normalisasi sebelumnya. Kalau dulu dimulai dari hilir ke hulu sepanjang 2,5 kilometer. Proyek yang ini nanti dimulai dari hulu,” terang Fahmi.