28
Sun, Nov

Jampisawan Bersiap Kelola Eceng Gondok Sungai Juwana

Foto: Clakclik.com

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan) bersiap melakukan pengelolaan Eceng gondok (Eichhornia crassipes) yang menumpuk di Sungai Juwana untuk diolah sebagai bahan baku pupuk organik.

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/35-komunitas/512-jampisawan-inisiatif-gerakan-peduli-sungai-juwana

Baca juga: https://www.clakclik.com/73-cerita/1229-enceng-gondok-sungai-juwana-bikin-gondok-nelayan-tradisional-biang-sedimentasi-dan-pendangkalan

Rencana itu disampaikan oleh Koordinator Jampisawan Sunhadi disela acara pelatihan pembuatan pupuk organik yang difasilitasi oleh Gerbang Tani Pati, Minggu (7/11/2021).

“Hari ini kami melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik khusus berbahan baku Eceng gondok. Ini awal kami melakukan trobosan untuk memanfaatkan Eceng gondok di Sungai Juwana yang melimpah dan cenderung menjadi masalah,” kata Sunhadi.

Anggota Jampisawan sedang praktik pembuatan pupuk organik berbahan dasar Eceng gondok Sungai Juwana di Desa Sugiharjo, Kec/Kab Pati, Jateng, Minggu (7/11/2021) / Clakclik.com

Sunhadi menjelaskan bahwa selama ini keberadaan tumbuhan air mengapung menjadi masalah di Sungai Juwana. Diantaranya mempercepat sedimentasi atau pendangkalan sungai.

“Sementara itu jika Eceng gondok sampai di wilayah hilir, wilayah kawan-kawan kami yang bekerja sebagai nelayan tradisional, Eceng gondok sering nyangkut di baling-baling perahu, membuat baling-baling patah dan nelayan batal melaut,” tambah Sunhadi.

Sunhadi berharap apa yang dilakukan pihaknya mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Pati maupun instansi yang bertanggungjawab terhadap Sungai Juwana, yakni Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.