20
Mon, May

Ketahanan Kesehatan Dimulai dari Keluarga

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 29 Juni 2023--Ketahanan kesehatan seluruh anggota keluarga mesti diperhatikan sejak dini. Hal ini bukan sekadar memastikan sumber daya manusia yang unggul, melainkan juga menjaga kualitas kesehatan generasi berikutnya.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Mohammad Adib Khumaidi mengutarakan, ketahanan kesehatan keluarga berkaitan dengan pencegahan berbagai masalah kesehatan, seperti kematian ibu dan tengkes atau stunting. Adapun tengkes merupakan gagal tumbuh kembang akibat kurang gizi kronis.

”Semua pihak harus mendukung untuk mengatasi problematika ketahanan kesehatan. Sebab, masalah yang dihadapi bukan sekadar soal kesehatan, melainkan juga berkaitan dengan kesejahteraan, sosial, hingga kebiasaan atau tradisi,” kata Adib dalam webinar menjelang peringatan Hari Keluarga Nasional, Rabu (28/6/2023).

Menurut Ketua Divisi Advokasi dan Legislasi IDI Ari Kusuma Januarto, ketahanan keluarga berkaitan dengan akses terhadap pendapatan dan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan dasar, termasuk kesehatan.

Ari mengungkapkan, dalam mencapai ketahanan kesehatan keluarga perlu gerakan bersama semua pihak. Karena itu, IDI selalu berupaya terlibat dalam membantu pemerintah mengintervensi ketahanan kesehatan. ”IDI berkomitmen membantu pelayanan dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya. (c-hu)