18
Sat, May

Jalan Winong-Gabus; Jalan Alternatif (yang) Berbahaya

Dok. Clakclik.com

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Jalan lintas antara wilayah Kecamatan Winong dan Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah merupakan jalan alternatif bagi masyarakat disaat sejumlah jalan utama tergenang banjir seperti saat ini.

Namun, jalan itu saat ini rusak parah dan berbahaya terutama bagi kendaraan bermotor roda dua. Pasalnya, sepanjang jalan Winong-Gabus terdapat lokasi-lokasi yang rusak parah dengan lobang-lobang yang dalam.

Kendaraan baik roda dua maupun roda empat harus ekstra hati-hati saat melewati jalan Winong-Gabus. Kondisi jalan rusak parah dengan lobang menganga dan dalam, Selasa (7/3/2023) / Clakclik.com 

“Menurut saya kerusakan jalannya sudah dalam tahap berbahaya. Jika tidak hati-hati, pengendara sepeda motor bisa celaka. Sudah banyak kecelakaan di sepanjang jalan ini,” kata Kasmudi, salah seorang pengguna jalan yang diwawancarai Clakclik.com, Selasa (7/3/2023).

Kasmudi menambahkan, kerusakan jalan itu tidak hanya berdampak pada kecelakaan, namun juga berakibat pada kerugian bagi pengguna jalan. “Kerugiannya, onderdil kendaraan cepet rusak dan aus. BBM juga kebutuhannya meningkat. Sementara pemerintah saat ada kerusakan jalan, tidak segera memperbaiki malah hanya dipasang banner ‘awas jalan rusak’ , begitu saja,” keluh Mukidi.

Kendaraan berat pengangkut bahan tambang ikut andil memperparah kerusakan jalan Winong-Gabus. Kondisi jalan rusak parah dengan lobang menganga dan dalam. Menurut sejumlah warga sudah banyak terjadi kecelakaan, terutama pada malam hari, Selasa (7/3/2023) / Clakclik.com 

Mukidi juga menyesalkan sikap pemerintah yang mengacuhkan keluhan masyarakat. “Biasanya menunggu didemo atau diviralkan, baru nanti direspon,” pungkas Mukidi. (c-hu)