29
Mon, Apr

PKB dan Gerindra Partai Paling Banyak Dibicarakan Netizen

Ilustrasi/Istimewa

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 25 Agustus 2022--Merdeka Institute Public Opinian Survey (MIPOS) merilis hasil riset terbaru terkait partai politik yang sering dibicarakan oleh warganet. Hasilnya, PKB dan Gerindra menjadi partai yang paling banyak dibicarakan.

Riset ini disebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstraksi opini warganet dalam bentuk teks. Data riset diperoleh dari tanggal 9-20 Agustus 2022 dengan metode ekstraksi opini dilakukan dengan teknik knowledge discovery in database (KDD).

Disebutkan penentuan periode riset didasarkan pada dua event besar, yaitu deklarasi kesiapan Prabowo maju capres dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Analisis terhadap percakapan warganet di sejumlah platform media sosial ini dilakukan dengan keyword nama-nama capres yang sering muncul.

Peneliti Senior MIPOS, Ibnu Hanif Fadillah mengatakan berdasarkan hasil riset, PKB dan Gerindra menjadi partai yang paling banyak dibicarakan. Fadil menilai hal ini lantaran banyaknya pemberitaan terkait deklarasi kedua partai tersebut.

"PKB dan Gerindra paling sering diperbincangkan netizen di internet, tingginya percakapan PKB dan Gerindra dikarenakan exposure pemberitaan media mainstream terkait deklarasi koalisi yang dilakukan oleh kedua partai tersebut," ujar Fadil dalam keterangannya, Rabu (24/8/2022). (c-hu)