06
Wed, Jul

Pegadaian Juga Salurkan KUR

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 12 Juni 2022--Setelah membangun kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, PT Pegadaian secara resmi diberikan kewenangan melakukan percepatan penyaluran kredit usaha rakyat. Sebagai penyalur ke-44, plafon KUR yang potensial disalurkan Pegadaian sebesar Rp 5,9 triliun.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (11/6/2022), mengatakan, Pegadaian diharapkan dapat mengemban amanah tersebut dengan baik dan penyaluran KUR dapat tepat sasaran. Tidak perlu diragukan lagi komitmen Pegadaian yang selama ini terus mendukung pembiayaan kepada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK).

Penyaluran KUR tersebut ditandai dengan penandatanganan nota perjanjian kerja sama pembiayaan dalam rangka pembayaran subsidi bunga KUR oleh Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan dan Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Subsidi Imbal Jasa Penjaminan KUR dan Subsidi Bunga/Margin KUR di Bogor, Jawa Barat.

”Kami sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT Pegadaian. Saya berharap acara penandatanganan perjanjian kerja sama pembiayaan subsidi KUR ini dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Eddy.

Eddy menjelaskan, program KUR yang selama ini digulirkan pemerintah merupakan bentuk kehadiran negara dalam mendukung pelaku UMKM naik kelas sehingga pemulihan ekonomi bisa lebih terakselerasi. Pada tahun 2022, pemerintah memberikan dukungan akses pembiayaan untuk UMKM melalui program KUR dengan target Rp 373,17 triliun.

”Dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional, pemerintah bahkan memberikan relaksasi dan stimulus tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen sampai dengan 31 Desember 2022 sehingga suku bunga KUR yang dikenakan kepada debitor berkurang dari 6 persen menjadi 3 persen,” kata Eddy.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), hingga 6 Juni 2022 realisasi penyaluran KUR tahun 2022 sebesar Rp 148,12 triliun. Jumlah itu disalurkan kepada sekitar 3,19 juta debitor dengan rincian KUR Super Mikro sebesar Rp 2,57 triliun kepada 292.940 debitor.

Kemudian, KUR mikro sebesar Rp 99,74 triliun kepada 2,70 juta debitor, KUR kecil/khusus sebesar Rp 45,79 triliun kepada 189.034 debitor, dan KUR penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) sebesar Rp 13,02 miliar kepada 530 debitor. (c-hu)