06
Wed, Jul

Dana Abadi Pendidikan 2022 Diproyeksikan Rp 120 Triliun

Dok. Clakclik.com

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 11 Juni 2022--Dana abadi pendidikan yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan hingga akhir tahun ini diproyeksikan bisa mencapai Rp 120 triliun. Dana tambahan hasil pengelolaan dana abadi tersebut digunakan untuk membiayai kebutuhan pengembangan sumber daya manusia.

Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Meirijal Nur mengungkapkan, dana abadi adalah bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

”Pengembangan sumber daya manusia Indonesia ditentukan tidak hanya dari sisi pendidikan formal. Penelitian juga penting, interaksi sosial juga penting, dan juga bahkan dari sisi kebudayaan. Untuk itulah pengembangan dana abadi pendidikan dimanfaatkan,” ujarnya dalam acara bincang media secara daring, Jumat (10/6/2022).

Secara akumulasi, total dana abadi di bidang pendidikan yang dikelola pemerintah sejak tahun 2010 hingga 31 Maret 2022 mencapai Rp 99,1 triliun. Dengan rencana penambahan dana Rp 20 triliun yang akan disalurkan tahun ini, secara akumulasi dana abadi di bidang pendidikan akan mencapai lebih dari Rp 120 triliun pada akhir tahun.

Dana abadi pendidikan tersebut juga mencakup dana abadi penelitian sebesar Rp 8 triliun, dana abadi perguruan tinggi Rp 7 triliun, serta dana abadi kebudayaan sebesar Rp 3 triliun. (c-hu)