20
Mon, May

Covid-19 Pati: Separoh Wilayah Pati Masih Zona Merah, Warganet Hujat Berita Covid-19

Ilustrasi / Clakclik.com

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Hingga memasuki minggu ke-3 bulan Agustus 2020, pandemi Covid-19 di Kabupaten Pati masih menghantui. Hingga Sabtu (22/8/2020) www.covid19.patikab.go.id yang merupakan website resmi Pemkab Pati terkait update perkembangan Covid-19 mengabarkan bahwa 11 kecamatan di Pati masih zona merah Covid-19.

Kesebelas kecamatan itu adalah Kecamatan Trangkil, Tlogowungu, Wedarijaksa, Juwana, Pati Kota, Margorejo, Jakenan, Pucakwangi, Tambakromo, Kayen dan Sukolilo.

Tangkapan layar www.covid19.patikab.go.id, Sabtu (22/8/2020) / Clakclik.com

Dalam berbagai kesempatan, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pati yang juga Bupati Pati Haryanto selalu mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat keluar rumah, sering mencuci tangan pakai sabun dengana air mengalir, jaga jarak minimal 1,5 meter dan tidak berkerumun. Namun belakangan, peringatan itu mulai diabaikan oleh masyarakat.

Bahkan, aneka komentar miring hingga hujatan mengalir dari akun-akun media sosial warga Pati saat ada warganet yang mem-posting berita soal perkembangan Covid-19 di Pati.

Sejumlah alasan yang mengemuka terkait dengan ketidakpercayaan warganet atas informasi Covid-19 disebabkan adanya peristiwa baik yang dialami langsung maupun cerita dari orang lain tentang praktik-praktik penanganan kasus kesehatan yang dinilai menyimpang, karena semua persoalan kesehatan oleh petugas dikaitkan dengan Covid-19. Namun sebagian juga dikarenakan ketidakpahaman warganet soal Covid-19. (c-hu)