18
Sat, May

5 Panggilan Video Gratis untuk Lebaran di Rumah Saja

Ilustrasi / Clakclik.com

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 21 Mei 2020—Untuk tetap bersilaturahmi saat lebaran ditengah pandemic Covid-19 dengan aneka pembatasan untuk mencegah penularan, ada lima aplikasi yang menawarkan layanan panggilan video (video call) gratis yakni WhatsApp, Zoom, Google, Line, dan Skype.

Pertama, Google Hangouts yang bisa dipakai untuk video call hingga 250 orang. Aplikasi ini bisa diakses melalui perangkat Android, iOS, maupun website.

Namun, jika ingin mengakses lewat website, Anda perlu masuk ke situs Google Meet. Lalu klik ‘Join or Start a Meeting dan tulis judul acara atau kode rapat.

Kedua, aplikasi Zoom; perusahaan asal AS ini menyediakan layanan gratis dan premium. Layanan Zoom gratis dapat digunakan untuk video call hingga 100 orang. Namun, Zoom membatasi video call yang diikuti oleh lebih dari tiga peserta dengan maksimal hanya 40 menit saja. Setelahnya, pengguna bisa mengulang panggilan untuk melanjutkan percakapan. Untuk menggunakan layanan tersebut, Anda harus mengunduh aplikasi Zoom terlebih dulu.

Ketiga, aplikasi WhatsApp yang terhubung dengan Messenger Rooms. Layanan terintegrasi ini dapat menampung hingga 50 orang dalam sekali video call. Meski begitu, layanan terintegrasi tersebut baru tersedia dalam versi beta di WhatsApp.

Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, pengguna harus mempunyai WhatsApp versi beta 2.20.163 untuk android. Pada versi beta, pengguna bisa melihat ikon Messenger Rooms di aplikasi WhatsApp. Pengguna bisa membuat panggilan video ataupun menerima alamat panggilan di aplikasi. Jika Anda tak bisa mengakses layanan tersebut, video call melalui WhatsApp bisa menampung delapan orang.

Keempat, fitur LINE Group Call di aplikasi LINE yang bisa menampung hingga 200 peserta. Fitur ini tersedia secara gratis dan dapat diakses di LINE android versi 5.0.0, iOS versi 6.9, dan Windows atau macOS versi 4.5.0.

Kelima, aplikasi Skype yang bisa menampung hingga 50 orang dalam sekali video call. Sejak pandemi, perusahaan merilis fitur Meet Now untuk memfasilitas para pekerja yang bekerja dari rumah (work form home/WFH). Skype dapat digunakan di Android, iOS juga website. Sama seperti Zoom, panggilan dibatasi 40 menit untuk layanan gratis. (c-hu)