25
Thu, Apr

Soal Listrik Gratis: Jika Masih Error dan Token Belum Tersedia, Ini Kata PLN

Ilustrasi / Istimewa

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 5 April 2020—sejak diumumkan soal sudah diberlakukannya program listrik gratis PLN selama wabah Korona, jutaan pelanggan telah mengajukan klaim.

Data terakhir PT PLN, sebanyak 8,5 juta pelanggan telah mengajukan klaim dan mendapatkan token listrik gratis serta keringanan biaya.

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/33-instansi/985-redam-dampak-codiv-19-pemerintah-gratiskan-tagihan-listrik-pelanggan-450-va

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/33-instansi/994-hai-pelanggan-listrik-pra-bayar-ini-lho-cara-dapatkan-token-listrik-gratis

Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir. Namun, proses klaimnya ternyata tidak berjalan mulus.

Grafis Kompas.com / Istimewa

Di media sosial Twitter, Facebook dan IG, sejumlah pelanggan mengeluh. Sebagian menuduh bahwa informasi tersebut hoax, prank, dan lain-lain.

Senior Executive Vice President (SEVP) Dept. Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono pada Minggu (5/4/2020) mengatakan bahwa error tersebut terjadi karena token masih dalam antrean (belum ter-generate). Yuddy menjelaskan, generate token ini akan dilakukan secara bertahap hingga 11 April 2020.

Per Sabtu (4/4/2020) malam sekitar pukul 21.00 WIB, telah ter-generate sebanyak 9,4 juta pelanggan. Adapun untuk pelanggan yang masih belum mendapatkan token gratis atau diskon, ia meminta untuk bersabar terlebih dahulu. (c-hu)