25
Thu, Apr

Awas, Terjadi Peningkatan Sifilis Alias Raja Singa di Indonesia

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 12 Mei 2023--Penyakit sifilis atau yang juga dikenal dengan sebutan penyakit raja singa sudah ada sejak beberapa abad yang lalu. Namun, penyakit tersebut belum juga berhasil dituntaskan. Kasus baru sifilis bahkan dilaporkan meningkat hampir 70 persen di Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: https://www.clakclik.com/inspirasi/2173-kasus-penularan-penyakit-sifilis-dari-ibu-ke-anak-di-indonesia-meningkat

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat 20.783 kasus infeksi sifilis yang dilaporkan pada 2022. Jumlah itu meningkat signifikan dari laporan kasus tahun 2018 yang tercatat sebanyak 12.484 kasus. Dari jumlah yang dilaporkan, sebagian besar ditemukan pada kelompok usia 25-49 tahun sebesar 63 persen.

Sementara proporsi antara laki-laki dan perempuan tidak jauh berbeda, yakni 54 persen pada laki-laki dan 46 persen pada perempuan. Berdasarkan kelompok populasi, kasus sifilis paling banyak ditemukan pada kelompok LSL (laki-laki seks dengan laki-laki) sebesar 28 persen dan ibu hamil sebesar 27 persen. (c-hu)