20
Mon, May

Aplikasi SAPA 119 untuk Laporan Kekerasan bagi Perempuan dan Anak

Cerita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 22 September 2023--Pemerintah berupaya menghadirkan layanan bagi para perempuan dan anak korban kekerasan agar mereka bisa dengan mudah dan cepat mengadukan dan melaporkan kasus kekerasan yang dialami. Hal ini dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau PPPA dengan meningkatkan layanan Sahabat Perempuan dan Anak atau SAPA 129.

Layanan SAPA 129 yang dihadirkan Kementerian PPPA sejak 2021 merupakan contact center pengaduan khusus perempuan dan anak yang dapat diakses oleh masyarakat kapan pun dan di mana pun. Caranya dengan menghubungi telepon hotline 129 ataupun Whatsapp ke nomor 08111-129-129.

Setelah berjalan sekitar dua tahun, untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat mengakses layanan tersebut, Kementerian PPPA mengembangkan layanan SAPA 129 melalui sistem aplikasi dan fitur lain, seperti media sosial.

Aplikasi SAPA 129 bisa diunduh langsung di telepon pintar dan terhubung langsung dengan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA). Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa langsung melaporkan kekerasan yang dialami atau diketahuinya.

”SAPA 129 ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat ketika mengalami, melihat, atau ingin mengakses informasi seputar kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada acara ”Aktivasi Layanan SAPA 129 Terintegrasi” di Kantor Kementerian PPPA, Kamis (21/9/2023).

Deputi Perlindungan Khusus Anak (PKA) Kementerian PPPA Nahar menegaskan, kegiatan aktivasi layanan SAPA 129 di pusat akan ditindaklanjuti dengan aktivasi di 10 provinsi dengan jumlah pengaduan terbanyak, yaitu di Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan DIY.

Untuk aplikasi SAPA 129 di telepon pintar, setelah mendaftar, pengakses cukup memasukkan nama dan alamat surat elektronik/nomor telepon. Pengakses kemudian bisa langsung membuka aplikasi tersebut serta membuat laporan apakah kasus anak, perempuan, atau informasi terkait anak dan perempuan.

Apabila dalam kondisi darurat, masyarakat atau korban bisa melakukan panggilan cepat dengan cara menekan fitur speed dial yang tersedia di aplikasi SAPA 129. Panggilan tersebut langsung terhubung ke 129 sehingga dilayani petugas. ”Fasilitas inilah yang kami tambahkan. Tentu kami akan sempurnakan, seperti panduan suara untuk penyandang disabilitas,” kata Nahar. (c-hu)