26
Fri, Apr

Warga Probolinggo Menikah dengan Maskawin Linggis

Ilustrasi/Istimewa

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 6 Februari 2023--Seorang lelaki di Probolinggo menikahi seorang perempuan dengan maskawin sebuah linggis.

Lelaki bernama Samsul Mukmin (46) itu meminang perempuan bernama Sumiati (45). Keduanya berstatus duda dan janda serta sama-sama warga Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Dengan maskawin yang unik itu keduanya melangsungkan pernikahan sederhana pada Jumat (3/2/2023) di KUA Kecamatan Tongas. Setelah menikah mereka tinggal bersama sebagai suami istri yang sah di sebuah rumah di Desa Dungun, Tongas, Probolinggo.

Samsul dan Sumiati sama-sama duda dan janda yang ditinggal mati oleh pasangan sebelumnya. Menurut Samsul beberapa lama setelah istri pertamanya meninggal temannya mengenalkan dirinya dengan Sumiati.

"Istri meninggal, ada teman kenalkan saya dengan wanita yang juga sudah janda. Kami menjalin hubungan 3 bulan, akhirnya Sumiati saya ajak nikah," ujarnya kepada detikJatim.

Mengenai maskawin yang dipilih, Samsul yang sehari-hari bekerja sebagai seorang penjual kerupuk itu menyampaikan maknanya.

Samsul mengatakan bahwa linggis adalah alat yang serba bisa. Tidak hanya itu, sifat linggis juga kuat dan kokoh.

"Saya memilih linggis untuk mahar agar pernikahan dengan istri kedua ini bisa kekal dan abadi hingga akhir hayat," kata Samsul.

Sumiati menerima pinangan Samsul tanpa ada syarat lain-lain. Dia menerima pinangan itu karena mengenal Samsul sebagai pria yang baik dan bertanggung jawab. (c-hu)