01
Thu, Dec

BMKG Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Dok. Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 2 Oktober 2022—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mendeteksi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia. Masyarakat diminta waspada terhadap potensi cuaca ekstrem sepekan mendatang.

Peringatan dini cuaca ekstrem ini disampaikan Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto, di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

”Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas serta aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin. Hal ini dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan,” papar Guswanto.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang untuk periode 2-8 Oktober 2022 di berbagai wilayah. Daerah tersebut meliputi hampir seluruh wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan kecuali Kalimantan Selatan, Sulawesi, Papua, dan Papua Barat.

Adapun hingga 3 Oktober 2022, wilayah yang berpotensi terdampak hujan lebat sehingga masuk kategori siaga adalah Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jawa Barat. Informasi lebih rinci hingga level kecamatan dapat laman Signature.bmkg.go.id. (c-hu)