18
Sat, May

Sungai Juwana Meluap, 300 Hektar Lebih Tanaman Padi di Jambean Kidul Tenggelam

Ilustrasi / Istimewa

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Margorejo, Clakclik.com—Lebih dari 300 hektar tanaman padi di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah tergenang banjir luapan Sungai Juwana dan terancam gagal panen.

Baca juga: Sungai Juwana Meluap, Puluhan Hektar Tambak di Gadingrejo Tergenang, Kerugian Capai Rp 600 Juta (clakclik.com)

Ketua Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Desa Jambean Kidul, Kamelan mengatakan bahwa genangan banjir yang terjadi di lahan pertanian padi anggotanya berlangsung secara bertahap sejak dua bulan yang lalu. “Awalnya hanya beberapa hektar yang persis ditepi Sungai Juwana. Sekarang sudah merata. Tanaman padi sebagian seharusnya sudah panen minggu lalu. Saat ini yang tergenang sudah ada 300 hektar lebih. Kalau kondisinya seperti ini, kemungkinan semua gagal panen,” kata Kamelan kepada Clakclik.com, Minggu (7/2/2021).

Kamelan menambahkan bahwa dampak tenggelamnya ratusan hektar tanaman padi tersebut petani mengalami kerugian yang cukup besar. “Biaya produksi menanam dan perawatan padi sampai 2 bulan saja per hektar sekitar Rp 5-6 juta. Kalau menghitungnya hasil panen, per hektar rata-rata bisa menghasilkan Rp 35 juta. Bisa dihitung berapa besaran kerugian kami,” tambah Kamelan. (c-hu)