06
Wed, Jul

Bergerak Swadaya Peduli Sungai Juwana, Jampisawan Diapresiasi Para Pihak

Dok. Jampisawan

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Sejumlah pihak memberikan apresiasi kepada Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan) yang telah aktif bergerak membangun kepedulian secara swadaya terhadap Sungai Juwana.

Hal itu terungkap dalam acara Diskusi Terfokus Sungai Juwana dalam Kebijakan Penataan Ruang di Aula Perpustakaan STAI Pati, Rabu (15/6/2022).

Para pihak itu diantaranya adalah perwakilan dari BBWS Pemali Juwana, BPDAS-LH Pemali Jratun, dan sejumlah pihak dari instansi lain.

Diskusi Terfokus Sungai Juwana Dalam Kebijakan Penataan Ruang. Diselenggarakan Jampisawan, Rabu (15/6/2022) / Dok. Jampisawan

Para pihak itu berharap Jampisawan terus eksis dan berkolaborasi dengan dinas/instansi terkait baik di Kabupaten Pati maupun Propinsi Jawa Tengah.

Khusus urusan terkait laporan jika ada pihak-pihak yang melakukan pelanggaran menyangkut Sungai Juwana, BBWS Pemali Juwana berharap Jampisawan tidak segan untuk melaporkan. “Laporkan saja pada kami jika ada pihak-pihak yang melakukan pelanggaran di Sungai Juwana,” kata Dhanis Handoyo dari BBWS Pemali Juwana.

Sementara perwakilan dari BPDAS-LH Pemali Jratun meminta agar Jampisawan bersedia kolaborasi dengan pihaknya untuk edukasi masyarakat terkait pengelolaan sampah. “Jadi kita ini tinggal di Kawasan DAS (daerah aliran sungai-red). Sampah yang kita hasilkan, jika tidak dikelola akan mengalir ke sungai juga. Oleh karena itu edukasi masyarakat sangat penting,” terang Ahmad Sudarno dari BPDAS-LH Pemali Jratun.

Salah satu narasumber diskusi Dr. ARS. Ir. Rina Kurniati, M.T. Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang menyampaikan paparan tentang kebijakan penataan ruang sungai.

Para pihak yang hadir dalam diskusi terfokus itu diantaranya adalah perwakilan dari Bappeda Pati, Dinas Lingkungan Hidup Pati, BPBD Pati, Dinas Kelautan dan Perikanan Pati, Dinas PUTR Pati, BBWS pemali Juwana, BPDAS-LH Pemali Jratun, akademisi dan mahasiswa dari STAI Pati, IPMAFA Margoyoso, Pati, dan STIBI Syeh Jangkung.

Acara diskusi terfokus Sungai Juwana dalam Kebijakan Penataan Ruang ini diselenggarakan oleh Jampisawan didukung Yayasan YAPHI Solo.(c-hu)

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.