19
Fri, Apr

PC-HPN Blora Selenggarakan Workshop untuk UMKM

Dok. PC-HPN Blora

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Blora, Clakclik.com—Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (PC-HPN) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menyelenggarakan workshop strategi peningkatan usaha untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Makan Sambal Lalap, Jl. Reksodiputro, Blora itu menghadirkan narasumber pengusaha sukses dari Jepara yang juga seorang kiai; yakni KHR.M.Ma'shum Abdul Hamid MM.

Ketua PC HPN Kabupaten Blora K.M. Agus Salim mengatakan bahwa kegiatan workshop ini terlaksana karena kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan dorongan dari sesama pengusaha yang selama ini merasa kesulitan dalam mengembangkan usaha.

“Setelah di gembleng oleh Kiai Ma’shum, para pengusaha Blora yang mengikuti acara itu sangat bersemangat. Bahkan waktu yang disediakan panitia tidak cukup. Acara yang seharusnya selesai jam 12.00 WIB, dirasa masih tidak cukup. Harapan kami para pelaku UMKM bisa meniru trik-trik yang diajarkan oleh beliau dan bisa keluar dari kebuntuan usaha,” kata Agus Salim, Ahad (13/3/2022).

Peserta workshop PC-HPN Blora berpose dengan narasumber setelah acara selesai, Ahad (`3/3/2022) / Dok. PC-HPN Blora, Jateng

Kiai Ma’shum yang juga pengurus HPN Jawa Tengah menjelaskan bahwa selain perlu menyiapkan ijin usaha yang resmi seperti CV atau PT, dalam mengelola usaha, kita dituntut untuk arus mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

“Modal memang perlu, tapi tanpa adanya inovasi dan kreativitas dalam kemasan dan pemasaran, sulit rasanya para pelaku UMKM bisa berkembang. Apalagi kompetitornya semakin banyak,” terang Kiai Ma’shum.

Kiai Ma’shum menambahkan bahwadDalam dunia usaha pengembangan jaringan itu sangat di butuhkan, karena bisanya barang sampai ke konsumen perlu banyak orang dan banyak kota yang harus di lalui.

Dalam penyampaian materi penutupnya, Kiai Ma’shum juga mengingatkan bahwa kesuksesan usaha harus di barengi dengan mengeluarkan zakat infaq dan sedekah (ZIS), sesuai anjuran agama. Tanpa adanya hal itu, sulit rasanya rizki bisa sampai tangan pelaku usaha.

Acara workshop ini diikuti oleh pengurus PC HPN Blora , pengusaha UMKM, serta kontraktor Kabupaten Blora, Jawa Tengah. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.