24
Wed, Apr

P4S Gerbang Tani Mandiri Pati Gelar Pelatihan Membuat Pupuk Bokasih

Dok. P4S Gerbang Tani Mandiri Pati

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Gerbang Tani Mandiri Pati menggelar pelatihan membuat pupuk bokasih di Desa Jatiroto, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jum’at (4/3/2022). Peserta pelatihan adalah anggota sejumlah kelompok tani di desa-desa di wilayah Kecamatan Kayen.

Selain memberikan materi didalam kelas tentang bahan, proses pembuatan, dan pemanfaatan pupuk bokasih, fasilitator P4S Gerbang Tani Mandiri juga mengajak peserta pelatihan untuk langsung praktik membuat pupuk organik.

Peserta pelatihan membuat bokasih P4S Gerbang Tani Mandiri sedang praktik membuat bokasih, Jum'at (4/3/2022) / Dok. P4S Gerbang Tani Mandiri

Seiring dengan keterbatasan petani mendapatkan akses pupuk subsidi dan semakin mahalnya harga pupuk kimia non-subsidi, banyak kelompok tani di Kabupaten Pati yang mulai beralih ke penggunaan pupuk organik.

Ketua P4S Gerbang Tani Mandiri Aris Muchtarom menjelaskan bahwa meskipun masih rintisan, P4S Gerbang Tani Mandiri sudah memberikan sejumlah fasilitasi pelatihan.

“Bulan lalu, kami juga fasilitasi kunjungan belajar Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan-red). Mereka belajar tentang pemanfaatan enceng gondok dan telur keong mas untuk pupuk organik,” ujar Aris. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.