20
Sat, Apr

Gerbang Tani Pati Fasilitasi Kunjungan Belajar Jampisawan

Foto: Dok. Gerbang Tani Pati

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) Kabupaten Pati menerima kunjungan Jaringan Masyarakat Pedui Sungai Juwana (Jampisawan) dilokasi produsi bokasih, media tanam, dan aneka produk organik lain di Desa Kuryokalangan Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Minggu (20/2/2022).

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/35-komunitas/1904-ngaji-tani-dan-p4s-jadi-program-unggulan-gerbang-tani-pati-2022

Pimpinan rombongan Jampisawan Ahmad Shodiqin menjelaskan bahwa kunjungan mereka ke lokasi produksi organik Gerbang Tani bertujuan untuk melihat langsung lokasi produksi organik Gerbang Tani sekaligus berlatih membuat PSB (Photosintesis Bakteri), dan asam hulmat.

“Selain melihat langsung tempat produksi organik dan berlatih membuat PSB dan asam hulmat, kami juga melakukan sharing mengenai pupuk dan tanaman organik,” terang Shodiqin.

Ketua P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) Gerbang Tani Aris Muchtarom berujar bahwa P4S Gerbang Tani yang dipimpinnya secara formal masih dalam proses persiapan. Akan tetapi dilapangan pihaknya sudah melayani sejumlah pelatihan dan penyuluhan untuk kelompok-kelompok tani di Pati.

“Kunjungan belajar Jampisawan ini merupakan tindak lanjut dari fasilitasi pelatihan pembuatan pupuk organik berbahan baku tumbuhan enceng gondok Sungai Juwana yang kami fasilitasi beberapa bulan yang lalu. Selain itu, kami juga sudah melayani sejumlah konsultasi tentang budi daya pertanian alpukat di Kecamatan Gembong dan Tayu,” jelas Aris. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.