21
Fri, Jan

Ngaji Tani dan P4S Jadi Program Unggulan Gerbang Tani Pati 2022

Foto: Dok. Gerbang Tani Pati

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Memasuki tahun baru 2022, Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) Kabupaten Pati menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) guna menyusun program kerja tahunan. Rakor diselenggarakan di Sekretariat Gerbang Tani, Jalan Raya Pati-Tayu KM. 4, Pati, Rabu (5/1/2022).

Baca juga: https://www.clakclik.com/identitas/35-komunitas/1778-peringati-harlah-pkb-pati-launching-program-bantuan-pendidikan-untuk-mahasiswa

Sejumlah program yang dirancang diantaranya adalah “Ngaji Tani” dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S). Kedua program itu mengutamakan fokus pada edukasi dan mendorong perubahan cara berfikir dan cara bekerja di bidang pertanian.

Ketua Gerbang Tani Pati Sutrisno menjelaskan bahwa kondisi dunia pertanian di Pati saat ini sedang gawat. “Jika tidak ada yang bekerja merubah cara berfikir dan cara bekerja di bidang pertanian, dunia pertanian di Pati bisa gulung tikar. Profesi petani bisa ditinggalkan,” kata Sutrisno.

Wakil Ketua Gerbang Tani yang akan mengampu program “Ngaji Tani” Ali Musthofa menjelaskan bahwa “Ngaji Tani” merupakan usaha menjelaskan kepada masyarakat tentang bagaimana bertani yang baik sesuai dengan ajaran yang banyak ditulis dalam kitab-kitab Agama Islam yang perlu menjadi pedoman.

“Rencananya Ngaji Tani akan kami gelar secara offline dan online. Akan kami siarkan di kanal media sosial Gerbang Tani Pati. Mohon do’a-nya agar program ini bisa segera kami mulai,” kata Ali Musthofa.

Lahan pertanian milik warga Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang pengelolaan lahan dan perawatan tanamannya diasistensi Gerbang Tani Pati / Dok. Gerbang Tani Pati 

Salah satu Dewan Pembina Gerbang Tani yang juga Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Pati Hilal Muharram mendukung Gerbang Tani mengambil peran sebagai P4S. Pasalnya, melalui P4S, Gerbang Tani bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bertani yang baik, benar, dan menghasilkan.

Selain Ngaji Tani dan P4S, Gerbang Tani juga memproduksi pupuk organik, membuka layanan asistensi pengelolaan lahan pertanian dan perawatan tanaman, serta melayani konsultasi tematis tentang persoalan-persoalan pertanian. Bagi masyarakat yang berminat mendapatkan layanan Gerbang Tani, bisa berkunjung di Sekretariat Gerbang Tani Pati, Jalan Raya Pati-Tayu KM. 4, Pati. (c-hu)

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.