16
Tue, Apr

Atasi Penyebaran Covid-19 di Pesantren, Pemerintah Alokasikan Dana Rp 2,7 Triliun

Ilustrasi / Istimewa

Instansi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 20 Juli 2020—Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan dana Rp 2,7 triliun untuk 21.000 pesantren guna penanganan Covid-19 di lingkungan pesantren.

"Pemerintah mengalokasikan dukungan anggaran untuk 21.000 pesantren sebesar Rp 2,7 trilun untuk itu (antisipasi Covid-19 di pesantren)," ujar Wapres Ma'ruf Amin, dikutip dari video akun YouTube Wakil Presiden RI, Senin (20/7/2020).

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, dana itu saat ini sudah dikantongi oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Ia meminta agar alokasi dana itu bisa segera dilaksanakan dalam satu-dua bulan ini.

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, dana itu disalurkan untuk beragam penggunaan. Antara lain, Rp 2,38 triliun untuk bantuan operasional pesantren dan Rp 317 miliar untuk internet.

"Ada yang Rp 50 juta untuk masker, untuk ini itu ada yang Rp 40 juta, ada yang Rp 25 juta. Cukup ya semua untuk 21.000 menurut hitungan Pak Menteri Agama," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Selain itu, kata Wapres, pemerintah juga menganggarkan untuk penanganan kesehatan di madrasah diniyah, lembaga pendidikan Al-Quran, dan untuk pelajaran secara daring.

Ini termasuk insentif untuk para ustaz yang dilakukan melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Desa di luar dari anggaran Rp 2,7 triliun itu.

"Ada juga dukungan pemeriksaan kesehatan, sarana kesehatan untuk memenuhi syarat kesehatan diganti oleh Gugus Tugas, BNPB dan BPBD dan Dinas Kesehatan di daerah," kata Wapres. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.