27
Sat, Apr

Bulan Mei Ini Ada Potensi Banjir Rob di Pesisir Indonesia; Termasuk di Jateng

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 15 Mei 2022--Masyarakat di beberapa wilayah pesisir Indonesia perlu mewaspadai banjir rob yang berpotensi terjadi pada Sabtu (14/5/2022) hingga Jumat (20/5/2022).

Risiko banjir rob ini dipicu oleh fase bulan purnama yang bersamaan dengan fenomena perigee, atau jarak terdekat Bulan ke Bumi.

Peringatan dini banjir rob ini disampaikan Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo, di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Menurut Eko, fase bulan purnam bersamaan dengan perigee ini berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan. ”Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir indonesia pada 14-20 Mei 2022,” ujarnya.

Beberapa daerah yang perlu waspada di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat bagian utara, dan Merauke di Papua.

”Potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah,” katanya.