21
Fri, Jan

Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Pati Resmi Terbentuk

Muhamad Sidik dalam rapat perdana Sarbumusi Pati di Kanor PCNU Pati, Rabu 920/10/2021) / Dok. Sarbumusi

Komunitas
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) yang merupakan salah satu badan otonom (Banom) Nahdatul Ulama’ (NU) saat ini telah mengembangkan sayap di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Wakil Ketua Sarbumusi Pati, Muhamad Sidik, Rabu (20/10/2021) kepada media mengatakan bahwa kahadiran Sarbumusi di Kabupaten Pati sebagai usaha napak tilas jejak Banom NU bidang perburuhan itu. “Dalam sejarah Sarbumusi, Pati merupakan salah satu wilayah dengan basis yang kuat. Kami hendak napak tilas jejak perjuangan itu,” kata Sidik.

Sidik menambahkan bahwa sebagai serikat buruh, Sarbumusi memiliki corak khusus yang berbeda dengan serikat buruh lainnya. Diantaranya adalah Sarbumusi bisa mewadahi kelompok-kelompok pekerja informal seperti guru madrasah, kelompok tani, kelompok nelayan, dan profesi lainnya sebagai organisasi basis anggota Sarbumusi.

“Kami akan fokus untuk keluarga besar NU yang bekerja di sektor perburuhan baik formal maupun informal. Terutama fokus kami justru dilingkungan sektor informal yang selama ini nyaris tidak mendapatkan perhatian pemerintah,” tambah Sidik.

Sebagai pendatang baru di Kabupaten Pati, Sidik menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang menyiapkan sejumlah agenda mendasar. Diantaranya audiensi dengan dinas terkait, menyiapkan pendaftaran basis, dan juga membuka peluang kerjasama sekaligus belajar dengan serikat buruh lain yang sudah ada di Kabupaten Pati.

“Sedangkan untuk urusan internal di PCNU Pati, kami dalam proses konsolidasi dengan Banom lain seperti Ansor, Muslimat, Fatayat, serta lembaga dibawah PCNU Pati seperti Lazisnu,” pungkas Sidik. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.