05
Sun, May

Sri Sultan Hamengku Buwono IX : PNS Partama Indonesia, NIP-nya 010000001

NIP 010000001 / kompas.com

Instansi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 19 Desember 2019—Pada pekan ini, masyarakat Indonesia yang beberapa waktu lalu mendaftar Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) riuh-ramai mencari info hasil seleksi yang telah diumumkan.

Perlu diketahui bahwa orang pertama yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ternyata bukanlah orang sembarangan. Bahkan, pengangkatan orang tersebut juga terjadi beberapa tahun sebelum Indonesia.

Namun, siapa sebenarnya sosok yang memiliki NIP 010000001 ini? Dilansir dari Kompas.com, sosok itu ialah bernama Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Ya, Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan PNS pertama di Indonesia. Raja Keraton Yogyakarta tersebut tercatat memiliki kartu PNS pada tahun 1940.

Ia diangkat oleh Alm. A.E Manihuruk sebagai PNS pertama di Indonesia.

A.E Manihuruk merupakan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang saat itu statusnya bukan PNS, karena Kepala Badan kebanyakan berasal dari Pejuang, Tentara atau Politikus.

Sri Sultan HB IX mendapat NIP : 010000001. Hal itu dibenarkan oleh Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, Senin (16/12/2019).

"Iya benar PNS pertama. Ini fotocopy kartu PNS Beliau (Sri Sultan HB IX)," ujar KRT Jatiningrat. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.