01
Thu, Dec

Kemdikbudristek Siapkan 10.000 Kuota Program Wirausaha Merdeka 2022

Ilustrasi/Istimewa

Instansi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 16 Juli 2022--Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun ini menyediakan kuota 10.000 bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program Wirausaha Merdeka angkatan pertama.

Program Wirausaha Muda yang menjadi salah satu program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diluncurkan Jumat (15/7/2022). Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, keterampilan nonteknis (soft skills), dan manajerial.

Selain itu, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan kemampuan daya kerja mahasiswa. Program ini dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk satuan kredit semester (SKS).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Indonesia saat ini memiliki jumlah wirausahawan paling rendah di Asia Tenggara, yaitu hanya 3,4 persen dari total penduduk Indonesia.

Dengan adanya program Wirausaha Merdeka, diharapkan mahasiswa tidak hanya mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan terbaik, tetapi juga bisa mendirikan perusahaan dan membuka banyak lapangan kerja di Indonesia.

”Kami ingin mahasiswa dapat membangun pola pikir dan semangat berwirausaha. Berani mencoba merealisasikan ide untuk memulai bisnis, mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, dan tidak mudah menyerah jika mengalami masalah atau kegagalan,” kata Nadiem. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.