19
Thu, May

Penanggulangan Bencana Bukan Hanya Urusan Pemerintah

Dok. Clakclik.com

Instansi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 26 April 2022—Penanggulangan bencana perlu ditangani bersama oleh pemerintah maupun masyarakat. Oleh karena itu, pemahaman masyarakat mengenai kesiagaan menghadapi bencana perlu dikuatkan.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya di puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2022 secara virtual di Jakarta, Selasa (26/4/2022), mengingatkan, secara geografis Indonesia berupa negara kepulauan dengan lautan dan cincin gunung berapi. Hal ini kemudian menjadikan negeri ini rawan bencana sehingga kewaspadaan, kemampuan mitigasi, maupun ketangguhan menghadapi bencana harus dimiliki semua keluarga.

Keluarga sebagai pilar pembangunan bangsa, terutama dalam mewujudkan keluarga tangguh bencana, harus dikuatkan untuk menjadikan Indonesia siap siaga bencana. Untuk itu, upaya antisipasi dan respons bencana harus diperluas jangkauannya dan menyentuh semua lapisan masyarakat. Pemahaman siaga bencana juga perlu ditanamkan sedari dini.

”Penanggulangan bencana adalah urusan bersama. Untuk itu, saya mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022,” katanya.

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana dilakukan setiap 26 April. Tahun ini, peringatan mengusung tema ”Siap untuk Selamat”. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.