25
Thu, Apr

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati Dicalonkan Jadi Presiden Organisasi Meteorologi Dunia

Ilustrasi/Istimewa

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 29 Mei 2023--Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Dwikorita Karnawati dicalonkan menjadi presiden Organisasi Meteorologi Dunia atau WMO periode 2023-2027. Informasi itu dipublikasikan melalui siaran pers yang diterima wartawan, Minggu (28/5/2023). 

Kesempatan ini akan digunakan Dwikorita untuk menyiapkan sejumlah gagasan dan strategi, termasuk terkait dengan infrastruktur kebencanaan.

Terkait dengan pencalonannya menjadi presiden WMO (World Meteorological Organization) periode 2023-2027, Dwikorita menyampaikan bahwa ia telah menyiapkan visi, misi, gagasan, dan strategi yang akan dilakukan selama empat tahun ke depan. Visi misi tersebut mencakup tiga fokus, yakni kesetaraan jender, keberlanjutan, dan pengurangan kesenjangan antara negara maju dan negara berkembang, terutama terkait dengan infrastruktur kebencanaan.

Dalam kongres ke-19 WMO, delegasi Indonesia dipimpin langsung Dwikorita Karnawati. Turut mendampingi Dwikorita ialah perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Sekretariat Negara.

Tim yang dikirim dalam kongresini bertugas untuk mengawal materi sidang WMO terkait dengan permasalahan teknis, administrasi, dan perencanaan. Kemudian tim juga akan mengawal kampanye pencalonan Kepala BMKG dalam pemilihan presiden WMO periode 2023-2027.

Pemilihan presiden WMO periode 2023-2027 akan dilaksanakan pada sidang the nineteenth World Meteorological Congress (CG-19) yang akan diadakan pada 22 Mei-2 Juni 2023.Presiden WMO akan dipilih berdasarkan suara terbanyak oleh anggota WMO yang terdiri dari 187 negara dan 6 teritori. Selain presiden WMO, nantinya akan dipilih juga sekretaris jenderal dan wakil presiden WMO. (c-hu)

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.