16
Sat, Oct

Peternak Ikan Hias Guppy Desa Bakalan Rambah Konsumen Nasional

Ilustrasi/Istimewa

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Dukuhseti, Clakclik.com—Puluhan peternak ikan Guppy di Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang tergabung dalam kelompok ternak Guppy Tirto Aji Manunggal berhasil memasarkan ikan hias Guppy di kancah nasional.

Ketua kelompok Tirto Aji Manunggal, Abdul Wahid menjelaskan bahwa selama ini ikan hasil ternakan anggotanya dipasarkan secara online dan dibeli oleh para peternak maupun penghoby di hampir seluruh propinsi di Indonesia.

Abdul Wahid dan Syarif Hidayatullah, pengurus kelompok ternak ikan Guppy Tirto Aji Manunggal, Desa Bakalan, Kec. Dukuhseti, Kab. Pati, Jateng sedang bersantai di dekat kolam sambil melayani sejumlah order daring, Selasa (7/9/2021) / Foto Clakclik.com

“Para peternak dan penghobi Guppy dari Aceh, Sulawesi, Kalimantan, dan sejumlah pulau lainnya banyak yang membeli ikan kami secara online,” kata Abdul Wahid kepada Clakclik.com, Selasa (7/9/2021).

Abdul Wahid menambahkan bahwa ikan hias Guppy saat ini sudah banyak peminatnya. Selain karena para penghobi sering menggelar kontes, ikan Guppy juga menjadi incara para pemilik aquaspace karena keindahan dan raram jenisnya yang banyak.

Salah satu anggota tim pemasaran kelompok Tirto Aji Manunggal, Syarif Hidayatullah menjelaskan bahwa saat ini kelompoknya memiliki sekitar 40 jenis ikan Guppy.

"Jenis ikan Guppy yang kami ternak diantaranya adalah Albino king koi red ear, Albino Full Red, Half Blue, Half White, Full Moscow, Blue Grass, Albino Full Gold Round Tail, Albino Sky Glass, Endler, dan masih banyak lagi lainnya," terang Syarif

Syarif Hidayatullah, pengurus kelompok ternak ikan Guppy Tirto Aji Manunggal, Desa Bakalan, Kec. Dukuhseti, Kab. Pati, Jateng sedang memeriksa ikan-ikan hasil ternakannya, Selasa (7/9/2021) / Foto Clakclik.com

Ikan Guppy, alias gupi atau Poecilia reticulata, merupakan salah satu ikan peliharaan yang saat ini cukup favorit. Baik pemula, penghoby, dan kolektor menyukainya. Ikan ini memberikan nuansa warna-warni yang cantik. Perilakunya tenang, pemeliharaan dan budidayanya cukup mudah, dan harganya pun variatif. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.