18
Sat, May

Makna Takjil Versi Indonesia

Berbagi takjil / Dok. LAZISNU Pucakwangi

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Claklik.com, 28 April 2021—Saat bulan puasa seperti sekarang ini, kata takjil sering diucapkan oleh banyak orang. Di internet, banyak yang menulis arti takjil adalah bukan makanan. Namun, ternyata bahasa Indonesia mencatatnya berbeda.

Kata takjil sendiri diserap dari bahasa Arab. Takjil diambil dari kata ‘ajjala dalam bahasa Arab yang berarti menyegerakan atau dalam arti lebih luas adalah perintah menyegerakan untuk berbuka puasa.

Anjuran untuk menyegerakan untuk berbuka saat waktunya tiba memang sangat dianjurkan dalam Islam. Hal ini sesuai dengan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti yang tertulis dalam hadis.

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab, dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr, beliau meneguk beberapa teguk air.” (HR. Abu Daud)

IPNU-IPPNU Pucakwangi berbagi takjil di depan kantor MWC Pucakwangi, Sabtu (24/4/2021) / Dok. LAZISNU Pucakwangi

Pengembangan makna dari yang seharusnya ini bisa jadi karena berbuka puasa identik dengan makanannya. Sering kali kita mengatakan, “Ayo, mencari makanan untuk takjil.” Agar lebih mudah dan pendek, dikatakan menjadi “Ayo, cari takjil”.

Namun, ada versi lain yang menyebutkan bahwa penempatan kata takjil sebagai menu buka puasa bermula dari proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Kala itu, para wali saat berdakwa kerap memasak kolak kemudian berkembang dengan berbagai bahan tambahan. Menu ini menjadi menu takjil. Kebiasaan ini kemudian berakar lama di masyarakat, kemudian menjadi penyebutan untuk makanan manis untuk berbuka puasa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V (Badan Bahasa, 2016), takjil diartikan sebagai kata kerja menyegerakan dan dalam kata benda konkret berarti makanan untuk berbuka puasa. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.