21
Wed, Feb

Riset: Polusi Jalan Raya Picu Stroke dan Serangan Jantung

Foto: Clakclik.com

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 4 Desember 2023--Riset terbaru menunjukkan dampak paparan polusi di jalan raya terhadap peningkatan tekanan darah yang signifikan sehingga bisa menaikkan risiko stroke dan serangan jantung. Dua jam terkena paparan polusi udara di jalan bisa meningkatkan tekanan darah hampir 5 milimeter merkuri, mendorong seseorang dengan tingkat normal menjadi tinggi atau dari tingkat tinggi menjadi hipertensi tahap 1.

Demikian temuan sebuah studi baru dari University of Washington, yang menambah semakin banyak penelitian yang menghubungkan gas buang kendaraan dengan dampak kesehatan yang negatif. Laporan ini dipublikasikan di Annals of Internal Medicine pada 28 November 2023, dipimpin oleh Joel Kaufman, seorang dokter universitas dan profesor ilmu kesehatan lingkungan dan kerja.

”Jika Anda memikirkan jutaan orang yang mengalami paparan (polusi udara di jalan raya) ini setiap hari, maka hal ini akan mengubah banyak orang dari tekanan darah normal ke kisaran tekanan darah tinggi,” kata Kaufman. ”Hal itu berdampak besar pada risiko serangan jantung dan stroke.” (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.