23
Sun, Jun

Sejumlah Ahli Membuat Laporan Hasil Riset tentang Cara Berfikir Orang Kesepian

Dok. Clakclik.com

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 4 Juli 2023--Hasil penelitian terbaru para ilmuwan psikologi di Donsife College of Letters, Arts, and Science, University of Southern Carolina, menunjukkan, seseorang bisa merasa kesepian di tengah keramaian karena berpikir dengan cara berbeda. Mereka menganggap dirinya berbeda dari individu sebayanya.

Mengutip Science Daily, Senin (3/7/2023), respons saraf orang yang kesepian berbeda dengan teman sebayanya yang tidak kesepian. Melihat dunia secara berbeda dapat menjadi faktor risiko kesepian, terlepas dari pertemanan yang mereka miliki. ”Kami menemukan bahwa individu yang kesepian sangat berbeda dari teman sebayanya dalam cara memproses dunia di sekitar mereka meski mereka juga memiliki teman-teman,” kata peneliti University of Southern Carolina sekaligus penulis utama riset itu, Elisa C. Baek.

Baek menuturkan, kesepian dapat mengurangi kebahagiaan dan sering merasa sendiri karena tidak dipahami oleh orang lain. Orang yang kesepian memproses dunia secara istimewa, yang dapat berkontribusi pada berkurangnya rasa untuk dipahami.

”Individu yang kesepian tidak menemukan nilai dalam aspek situasi yang sama dengan individu sebayanya. Individu yang kesepian menganggap diri mereka berbeda dari individu sebayanya yang dapat menyebabkan tantangan lebih lanjut dalam mencapai hubungan sosial,” ujar Baek.

Kesimpulan itu diperoleh Baek dan Ryan Hyon, Karina Lopez, Meng Du, Mason A Porter, dan Carolyn Parkinson dari University of California, Los Angeles (UCLA), setelah membandingkan hasil pemindaian citra resonansi magnetik fungsional (fMRI) 63 mahasiswa tahun pertama dalam studinya. Hasil penelitian ini telah diterbitkan di jurnal Psychological Science, 7 April 2023. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.