17
Wed, Jul

Mengenal Manfaat Vitamin K

Ilustrasi/Istimewa

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 23 Mei 2023--Peneliti Kanada telah mengidentifikasi peran baru vitamin K dan gamma-karboksilasi dalam sel beta serta peran protektif potensial mereka dalam diabetes. Penelitian tersebut menjelaskan bagaimana vitamin K membantu mencegah diabetes dan dapat mengarah pada aplikasi terapeutik baru untuk diabetes tipe 2.

Penemuan oleh para ilmuwan di Université de Montréal dan afiliasinya Montreal Clinical Research Institute (IRCM) ini merupakan kemajuan yang disambut baik dalam pemahaman tentang mekanisme yang mendasari diabetes, penyakit yang menyerang satu dari 11 orang di seluruh dunia dan tidak ada obatnya. Diterbitkan di jurnal Cell Reports pada 11 Mei 2023, penelitian tersebut menjelaskan bagaimana vitamin K membantu mencegah diabetes dan dapat mengarah pada aplikasi terapeutik baru untuk diabetes tipe 2.

Vitamin K adalah mikronutrien yang dikenal karena perannya dalam pembekuan darah, khususnya dalam gamma-karboksilasi, suatu reaksi enzimatik yang penting untuk proses tersebut. Telah diduga selama beberapa tahun bahwa vitamin ini, dan demikian karboksilasi gamma, mungkin memiliki fungsi lain juga.

Selama ini vitamin K dikenal berfungsi mencegah pendarahan yang berlebihan. Vitamin K, terdiri dari K1 dan K2, adalah sekelompok senyawa yang bersatu untuk menyintesis protein yang berperan untuk membekukan darah.

Sumber vitamin K1 dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau dan beberapa sayuran lainnya. Sementara vitamin K2 adalah kelompok senyawa lain yang berasal dari daging, keju, bakteri yang disintesis, dan telur.

Sebelumnya, beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara berkurangnya asupan vitamin K dan peningkatan risiko diabetes. Namun, mekanisme biologis bagaimana vitamin K melindungi terhadap diabetes tetap menjadi misteri sampai sekarang. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.