19
Fri, Apr

Tersenyum Memantik Rasa Bahagia

Dok. Clakclik.com

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 3 Nopember 2022--Ekspresi wajah ternyata terbukti dapat memengaruhi emosi seseorang. Dengan menggerakkan otot wajah menjadi senyuman, misalnya, hal itu dapat memicu perasaan bahagia. Hal itu dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental.

Demikian hasil studi yang dilakukan Stanford University, Florida State University, dan University of South Australia. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Nature Human Behavior pada 20 Oktober 2022. Studi ini melibatkan 3.878 peserta dari 19 negara.

Periset dari University of South Australia Fernando Marmolejo-Ramos menuturkan, hubungan antara senyuman dan kebahagiaan telah menjadi perdebatan lama di kalangan peneliti. Hingga kini belum ada tes atau teori yang disetujui secara global tentang hubungan antara kebahagiaan dan senyuman.

”Pada riset ini, kami mengumpulkan tim orang-orang skeptis dan tim orang-orang percaya (disebut juga Many Smiles Collaboration) untuk menguji metodologi yang sudah disetujui bersama. Apa yang kami temukan adalah bukti yang andal bahwa senyuman dapat memproduksi perasaan bahagia,” katanya seperti dikutip dari laman University of South Australia, Rabu (2/11/2022). (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.