06
Wed, Jul

Beda Manfaat Tidur Miring ke Kanan dan ke Kiri

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 14 Mei 2022--Posisi tidur tak sekadar untuk kenyamanan, tapi juga mempengaruhi kesehatan seseorang. Posisi tidur menyamping disukai oleh 60 persen orang dewasa di dunia, dikutip dari National Library of Medicine.

Ada berbagai manfaat posisi tidur menyamping antara lain meningkatkan keselarasan tulang belakang hingga mengurangi risiko mendengkur, mulas, dan nyeri punggung.

Ketika seseorang memilih posisi tidur miring ke kanan atau kiri juga dipengaruhi kondisi tertentu. Mengutip Healthline, posisi tidur miring ke kiri maupun kanan bermanfaat mengatasi sleep apnea (pernapasan terganggu saat tidur) dan meredakan nyeri punggung bagian bawah.

Mengutip Verywell Health, tidur miring ke kiri bermanfaat mengurangi mulas. Itu karena, posisi tidur miring ke kanan mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah antara lambung dan kerongkongan. Akibatnya, asam lambung bisa naik. Mengutip Psychology Today, ibu hamil disarankan tidur miring ke kiri untuk membantu sirkulasi dan aliran darah ke plasenta.

Beberapa peneliti berpendapat kecenderungan usia untuk tidur miring ke kanan merupakan respons naluriah dan protektif untuk jantung. Studi juga menunjukkan orang yang memiliki riwayat gagal jantung cenderung menghindari tidur miring ke kiri.

Mengutip Medical News Today, tidur miring mempengaruhi aliran darah dan memberi tekanan di perut dan paru-paru. Tidur dengan satu tangan sebagai tumpuan juga bisa menyebabkan mati rasa. Orang dengan masalah bahu mungkin mengalami kesulitan tidur miring. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.