19
Thu, May

Cek Kesehatan Orang Dewasa Melalui Ukuran Lingkar Pinggang dan Tinggi Badan

Ilustrasi/Istimewa

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 18 April 2022—Pedoman kesehatan terbaru di Inggris merekomendasikan tentang perlunya menjaga ukuran pinggang orang dewasa hingga maksimal setengah tinggi badan. Proporsi ini untuk mengurangi risiko kesehatan, termasuk diabetes tipe dua dan penyakit jantung.

Baca juga: https://www.clakclik.com/inspirasi/1627-kegemukan-masalah-kesehatan-serius

Rekomendasi ini dikeluarkan National Institute for Health and Care Excellence (NICE) Inggris, mengacu pada studi di jurnal Plose One. Studi yang dilakukan sejak tahun 2014 itu menunjukkan bahwa rasio pinggang-ke-tinggi (waist-to-height ratio/WHtR) adalah prediktor risiko kematian yang lebih baik dibandingkan indeks massa tubuh (body mass index/BMI) yang umum digunakan.

Illustrasi / Istimewa

Draf pedoman dari NICE yang dirilis pada Jumat (15/4/2022) ini telah menyatakan bahwa pinggang orang dewasa harus kurang dari setengah tinggi badan mereka untuk mengurangi risiko kesehatan, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Pedoman itu juga mengatakan bahwa walaupun mengukur BMI berguna, itu tidak mempertimbangkan kelebihan berat badan di sekitar perut, yang secara ilmiah disebut ”adipositas sentral”.

Rekomendasi baru ini muncul setelah para peneliti di Bayes Business School dan Ashwell Associates yang melakukan studi ini menyerukan pengukuran—lingkar pinggang dibagi tinggi—untuk menggantikan BMI dalam pemeriksaan kesehatan primer masyarakat. (c-hu)

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.