24
Wed, Apr

Kleptomanian dan Hasrat Ingin Mencuri

Ilustrasi / Clakclik.com

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Kleptomania adalah gangguan mental di mana seseorang terdorong untuk mencuri. Bagi mereka, mencuri dapat meningkatkan kesenangan dan kepuasan.

Info Pengetahuan | Clakclik.com | 8 Mei 2020

Penderita kleptomania mencuri bukan karena ia membutuhkan barang atau mencuri untuk menghasilkan uang. Mereka hanya tidak dapat menahan hasrat untuk mencuri.

Biasanya, sebelum mencuri, penderita akan mengalami kecemasan dan ketakutan. Namun, setelah berhasil mencuri, mereka akan merasa senang.

Seorang kleptomania memiliki dorongan yang kuat untuk mencuri. Mereka akan mencuri secara spontan tanpa melakukan perencanaan. Dorongan tersebut membuat penderita mencuri tanpa mengenal waktu dan tempat.

Gangguan mental ini dapat dialami siapa saja tidak mengenal usia. Anak-anak, remaja, dan dewasa dapat menjadi seorang kleptomania -- meskipun memang jarang ditemukan pada orang yang lanjut usia.

Kleptomania memang dapat terjadi pada pria dan wanita. Namun, penderita kleptomania lebih sering terjadi pada wanita.

Mereka yang menderita kleptomania sering mengalami gangguan kejiwaan, seperti  bipolar, gangguan kecemasan, gangguan makan, gangguan kepribadian dan penyalahgunaan zat.

Penderita kleptomania umumnya akan merasa tertekan dan bersalah setelah melakukan pencurian.

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.