07
Tue, May

Tips Mengatasi Suara Serak

dok: honestdocs

Inspirasi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 11 April 2020—Suara serak umumnya terjadi karena adanya radang pada pita suara atau laring. Dalam dunia medis, radang pada laring disebut dengan laringitis.

Penyebab laringitis kebanyakan karena adanya iritasi pada pita suara. Iritasi ini bisa karena makanan atau minuman, bisa juga karena ‘terlalu banyak bicara’ yang menimbulkan pembengkakan dan peradangan pada pita suara.

Selain suara yang tiba tiba serak, laringitis bisa juga menyebabkan nyeri saat menelan, demam dan gejala radang lainnya.

Meskipun suara yang serak bisa kembali normal dengan sendirinya seiring dengan membaiknya proses peradangan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meredakannya.

Beberapa diantaranya adalah:

Mengurangi bicara

Kurangi bicara agar pita suara dapat beristirahat dan mempercepat penyembuhan. Cobalah bicara dengan volume suara yang kecil, jangan berteriak. Jangan pula berbisik karena getaran yang terjadi pada pitasuara saat berbisik sama dengan saat bicara normal.

Hindari batuk

Penderita laringitis juga sebisa mungkin untuk tidak batuk. Untuk mencegah agar tidak batuk, kita bisa minum minuman yang hangat, minum obat batuk atau makan bubur ayam yang hangat.

Bila memilih obat batuk, pilih obat batuk yang mengandung anti radang untuk membantu penyembuhan radang pada laring. Penderita laringitis juga boleh minum madu yang dicampur air hangat untuk membantu penyembuhan dan mencegah batuk.

Kompres hangat

Seperti jenis peradangan yang lain, kompres hangat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pita suara. Kompreslah pada bagian depan leher atau lingkari leher dengan handuk yang hangat.

Menghirup uap hangat

Menghirup uap air hangat merupakan cara lain untuk melawan proses radang yang terjadi pada tenggorokan. Tapi jangan menggunakan uap air yang terlalu panas agar tidak merusak jaringan tenggorokan. (c-hu)

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.