24
Mon, Jun

Jumlah Perawat Diproyeksi Melebihi Kebutuhan

Instansi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 17 Nopember 2023--Di tengah situasi global yang kekurangan tenaga perawat, jumlah perawat di Indonesia justru diperkirakan melebihi kebutuhan. Kondisi tersebut perlu dimanfaatkan sebagai peluang bagi perawat Indonesia untuk bekerja di luar negeri.

Kementerian Kesehatan memproyeksi jumlah kelebihan tenaga perawat di Indonesia pada 2025 mencapai 695.217 orang. Jumlah ini diproyeksi berdasarkan perkiraan jumlah surat tanda registrasi perawat yang aktif.

Sementara itu, merujuk pada jurnal yang terbit di BMJ Global Health pada 2022 disebutkan, jumlah tenaga perawat di dunia diperkirakan mengalami kekurangan hingga 4,5 juta orang pada 2030. Kekurangan tenaga perawat merupakan jumlah yang terbesar dibandingkan dengan jenis tenaga kesehatan lain, seperti dokter, dokter gigi, bidan, dan apoteker.

”Melihat data itu sebetulnya Indonesia punya potensi besar untuk menempatkan perawat ke luar negeri. Pengiriman ke luar negeri ini dapat mengurangi tingkat pengangguran sekaligus meningkatkan devisa negara,” ujar peneliti dari Pusat Riset Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional, Aswatini, dalam seminar web bertajuk ”Migrasi Tenaga Perawat Indonesia dan Kebutuhan Pekerja Kesehatan di Tingkat Global”, Kamis (16/11/2023).

Namun, ia menyebutkan, ketertarikan perawat Indonesia untuk bekerja di luar negeri masih kurang. Selain itu, kurangnya informasi mengenai kesempatan kerja di luar negeri juga membuat perawat Indonesia kurang memanfaatkan potensi tersebut.

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.