19
Fri, Apr

Manfaat Pendidikan Karakter bagi Anak

Ilustrasi / Clakclik.com

Opini
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Oleh David Setiawan; Mahasiswa IPMAFA Pati Peserta KKN-MDR 2020

Anak yang cerdas bukan hanya dilihat dari kemampuan akademinya (intelligent quotien atau IQ), namun juga kemapuannya mengelola emosi (emotional quotien atau EQ). Di sinilah pentingnya orang tua maupun guru untuk mengenalkan pendidikan karakter pada anak-anak.

Pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri induvidu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Banyak pilarkarakter yang harus di tanamkan kepada anak-anak penerus bangsa, di antaranya pertama kejujuran,yah kejujuran adalah benteng dari semuanya, kedua keadilan, karena seperti yang kita lihat, banyak sekali ketidakadilan di negara ini, ketiga hormat, yah, hormat adalah sikap untuk menghargai, seperti takzim dan juga khidmat kepada orang lain, baik keoada orang tua, guru, dan juga anggota keluarga lainnya.

Peran orang tua sangat penting dalam membentuk karakter anak. Orang tua adalah hal yang berpengaruh dalam berhasil atau tidaknya dala mendidik karakter anak. Anak usia dini sangat dan sensitif terhadap apa yang dia lihat, karena anak lebih sering bersama orang tua tentu akan meniru apa yang dilakukan pihak orang tua.

Nah, ada beberapa manfaat pendidikan karakter bagi anak, di antaranya,

1. Membentuk karakter diri

Bertujuan untuk membentuk karakter diri, karena pendidikan karakter menjadikan induvidu yang maju, madiri, tangguh dalam menggegam prinsip dan penuh tanggung jawab

2. Melatih mental dan normal

Mencegah terjadinya kondisi mental yang lemah dengan moral yang tidak baik. Dengan meningkatkan kondisi mental dan moral induvidu, maka akan menciptakan suasana yang kondusif dan mencegah terjadinya perpecaan. Pendidikan karakter ini juga menjadikan ia seseorang yang tangguh menghadapi segala masalah dan bijak menerapkan keadilan.

3. Baik dalam mengambil keputusan dan tanggung jawab

Seiring meningkatnya moral dan kemampuan berpikir, pendidikan ini sangat berperan penting dalam mempengaruhi kemapuan berpikir induvidu. Oleh karena itu, seseorang akan lebih bijak dalam mengambil kepetusan dan mendorong rasa tanggung jawab yang besar.

4. Mengetahui peluang dan bahaya lingkungana

Pendidikan karakter juga akan menjadi benteng dalam memerangi berbagai perilaku berbahaya. Serta membantu mempersiapkan anak menghadapi banyak peluang dan bahaya yang tidak diketahui yang ada di masyarakat saat ini. Pendidikan karakter memberikan penegtahuan yang mereka butuhkn untuk mengetahui bahaya apa yang ada di masyarakat dan cara menangani hal itu dengan benar.

5. Disiplin

Sekolah-sekolah yang mengajarkan pendidikan karakter melaporkan kinerja akademik yang lebih tinggi. Kehadiran yang lebih baik, penguranngan kekerasan, lebih sedikit masalah disiplin, pengurangan zat, dan lebih sedikit vandalism.

Itulah beberapa tujuan dan manfaat pendidikan karakter untuk anak. Pendidikan karakter tidak hanya penting bagi seseorang, tapi juga masyarakat. Bayangkan jika setiap keluarga atau senantiasa menerapkan pendidikan karakter bagi setiap anak, tentu saja akan banyak lahir generasi penerus yang mengerti akan kemajuan bangsa dan senantiasa menghormati sesamanya.

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.